Minggu Awal Sekolah, Siswa SMAN 1 Tuban Dibekali PPK

SMA Negeri 1 Tuban melalui bidang kurikulum menyelenggarakan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai awal kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2019-2020. Sekitar 746 siswa dari kelas XI dan XII terlibat dalam kegiatan yang berlangsung selama 17–18 Juli 2019. Pembekalan PPK bertempat di gedung pertemuan milik Kodim Kabupaten Tuban dengan melibatkan pihak Kodim sebagai narasumber. Bertindak sebagai narasumber hari pertama (Rabu, 17/07/19) Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Arh. Teguh Prasetya Wasis, S.Sos.

Sebagai narasumber PPK, Mayor Arh. Teguh Prasetya Wasis menyampaikan pentingnya peserta didik memperoleh wawasan kebangsaan. Konsep kebangsaan telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumus di dalam Pancasila sebagaimana terdapat dalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945. Konsep kebangsaan itulah yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Mayor Arh. Teguh Prasetya Wasis juga menekankan bahwa Indonesia menolak segala diskriminasi suku, ras, asal-usul, keturunan, warna kulit, kedaerahan, golongan, agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedudukan maupun status sosial. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan sikap nasionalisme tercermin dalam sikap cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, rela berkorban, dan taat hukum.

Selain materi wawawasan kebangsaan, siswa juga dibekali bahaya narkoba dan obat-obat Psikotropika, Kamis (18/07/19). Bertindak sebagai pembicara AKBP Nanang Hariyono, S.I.K. Materi ini dipilih oleh bidang kurikulum dan kesiswaan SMA Negeri 1 Tuban sebagai upaya mencegah dan membentengi siswa terhadap penyebaran narkoba di kalangan remaja. Agar siswa tidak terjerumus dalam lingkaran setan narkoba, wawasan tentang bahaya narkoba sangat penting untuk disampaikan.

Penulis: Anik Sulistyowati, M.Pd.
Editor: Achmad Fakhruddin, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SMANSA RAIH JUARA HARAPAN II DI FLS2N JAWA TIMUR

Rab Agu 14 , 2019
Kemeriahan FLS2N Provinsi Jawa Timur 2019 usai sudah. FLS2N berlangsung di Kota Batu mulai Jumat, 26 Juli s.d. Minggu, 28 Juli 2019. Kabupaten Tuban ikut peran serta dalam kompetisi ini. Kontingen Tuban diwakili dari berbagai sekolah, salah satunya SMA Negeri 1 Tuban (Smansa). Perjuangan yang tidak sia-sia ditunjukkan oleh kontestan […]