SMANSaTu Juara I dan II di Parade Paskibra

Dua regu Paskibraka SMA Negeri 1 Tuban sukses menjadi juara pertama dan kedua Parade Paskibraka kategori SMA sederajat dalam Kirab Kebangsaan 2019 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tuban, Kamis (29/8). Regu Paskibraka Smansa atau lebih dikenal Pasukan Petugas Khusus (Pasgassus) mendapatka juara 1 klasemen SMA/MA untuk peleton putra (tim A) dengan total nilai 5086. Sementara itu, peleton putri (tim B) memperoleh juara 2 dengan total nilai 5066. Untuk tim A, kemenangan ini terasa sempurna karena peleton putri juga dinobatkan sebagai juara best kostum dengan total nilai 588.

Perolehan juara I dan II di ajang Parade Paskibraka tidak lepas dari proses panjang yang telah dilakukan oleh anak-anak Pasgassus. Kedua tim ini berlatih sekitar dua minggu sebelum pelaksanaan dari pagi hingga sore. Mereka berlatih membentuk formasi dan gerakan secara mandiri. Bukan hal yang mudah untuk membuat apalagi menyesuaikan dengan anggota lain karena membutuhkan kreativitas, kekompakan, dan kelincahan. “Di sela-sela latihan, pelatih selalu memberikan evaluasi dan motivasi kepada anak-anak,” kata Novi salah satu anggota peleton putri.

Dengan diborongnya tiga kategori juara menjadi bukti bahwa Pasgassus SMA Negeri 1 Tuban merupakan Paskibraka terbaik di Kota Tuban. “Tentu saja perasaan kami sangat senang dan bangga. Karena kerja keras dan ketekunan dalam berlatih, kami bisa meraih kemenangan,” tutur anak yang juga sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Tuban 2019.

Ada banyak kriteria yang menjadi penilaian dewan juri. Misalnya, semangat, kedisiplinan tempo 100 s.d. 110 langkah/menit, ketertiban dan kerapian barisan, kebersamaan dan keserasian ayunan langkah, kostum, variasi dan kreativitas gerakan, dan tentunya kesesuaian dengan tema kegiatan. Di samping itu, Parade Paskibraka ini berbeda dengan lomba gerak jalan. Perbedaannya yakni setiap 500 m terdapat juri. Selain itu, peserta wajib melakukan gerakan hormat kanan, membuka barisan, membentuk formasi di depan dewan juri.

Kesuksesan Pasgassus di ajang ini tidak lain karena kesungguhan kedua tim dalam memainkan pertandingan. Kedua tim tersebut beranggotakan Novi, Amalia, Huna, Dina, Finda, Ninis, Altika, Alfina, Zifa, Sherin, Yanti, Intan, Yorisa, Finna, dan Resa berada di tim A. Sementara itu, Rizki, Akmaludin, Affan, Dzikrul, Rama, Akbar, Azis, Akmal, Yoga, Edo, Galih, Arda, Afan, Calvin, dan Habib berada di tim B. Untuk pembawa banner dan bendera merah putih adalah Bayu, Ilham, Rida, Shofi, Rating, Bachtiar, Bila, dan Nessa. Sementara itu, rute perlombaan Kirab Kebangsaan 2019 mulai Jalan Kartini – Jalan Veteran (pertigaan masjid Darusalam ke kanan) – Jalan Basuki Rahmat – Jalan Sunan Kalijaga dan berakhir di kantor Kecamatan Tuban.

Penulis: Achmad Fakhruddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Swadaya SMANSA, Pesona Indonesia Timur

Jum Agu 30 , 2019
Karnaval perayaan hari kemerdekaan adalah salah satu event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebabnya, kegiatan karnaval atau pawai budaya akan menampilkan berbagai hiburan yang bertemakan kebudayaan Indonesia. Pawai budaya tahun ini sendiri dilaksanakan pada Rabu, 27 Agustus 2019. Berada di nomor urut ke-3, SMAN 1 TUBAN kali ini membawakan tema budaya dari […]