BEPRESTASI DI MASA PANDEMI, BRYAN RAIH EMAS DI KSN 2020

BEPRESTASI DI MASA PANDEMI, BRYAN RAIH EMAS DI KSN 2020

Masa pandemi bukan penghalang untuk berprestasi bagi Bryan Riconga Panjinata. Baru-baru ini siswa XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Tuban berhasil memperoleh emas tingkat nasional di Kompetensi Sains Nasional (KSN) 2020. Setelah bersaing dengan 100 peserta dari seluruh penjuru tanah air, Bryan berhasil memastikan diri di tempat ketiga. Posisi tersebut sudah cukup bagi Bryan untuk mendapatkan emas dari cabang informatika komputer KSN 2020. Perolehan tersebut sekaligus menjadikan perolehan emas pertama bagi SMAN 1 Tuban di ajang KSN 2020.

Sementara itu, KSN 2020 diselenggarakan 13—14 Oktober secara daring di sekolah masing-masing. Dari hasil tersebut, Bryan menempati urutan ketiga dengan nilai 471, terpaut 75 angka dengan peringkat pertama yakni 546. Posisi tersebut sudah memantapkan Bryan masuk lima besar peraih emas KSN 2020. Bryan mengaku bersyukur setelah perjuangannya selama satu tahun berbuah manis. “Puji Tuhan saya mendapatkan emas, Tuhan membersamai saya,” ucap siswa yang berambut cepak.

Hampir setahun Bryan mempersiapkan KSN 2020. Walaupun di tengah persiapan KSN terjadi pandemi Covid-19, Bryan merasa situasi tersebut tidak mempengaruhi persiapannya  jelang KSN 2020. Di saat sekolah memberlakukan daring, Bryan mengaku lebih memiliki banyak waktu untuk belajar kode pemrograman, logika, dan mengikuti kompetisi TLX yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA TOKI) secara online.

Sejak awal Fathony Irsad, S.Si., S.Pd., selaku pembina komputer di sekolah, sudah memprediksi pencapaian emas Bryan di KSN 2020. “Saat latihan di kompetisi TLX sebelum KSN, Bryan masuk peringkat satu,” tutur pengajar yang akrab disapa Pak Fath. Hal itulah yang membuat pembina yakin apalagi Bryan juga memiliki kemampuan matematika dan bahasa pemrograman.

Bryan juga sempat berpartisipasi dalam bidang matematika KSN 2019. Hanya saja saat itu langkahnya sudah terhenti di tingkat kabupaten. Namun, kegagalannya di tahun lalu menjadikan berkah bagi Bryan ketika meraih emas bidang informatika komputer KSN 2020. Bryan mengaku bimbingan matematika KSN di sekolah juga cukup membantu saat dia menyelesaikan soal-soal informatika yang memuat unsur-unsur matematika.

Penulis : Achmad Fakhruddin, S.Pd.

Validator: Dewi Insani, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HUT SMAN 1 Tuban Masa Pandemi

Jum Nov 6 , 2020
HUT SMAN 1 Tuban Masa Pandemi Tahun ini ada yang berbeda dengan HUT SMAN 1 Tuban (SMANSA) dari tahun sebelumnya. HUT SMANSA yang biasanya dirayakan dengan bazar makanan, fun walk, dan konser di malam puncak harus ditiadakan karena efek dari masa pandemi. Tapi, itu semua tidak menjadi halangan bagi siswa […]