SMA Negeri 1 Tuban Meluluskan Siswa Terbanyak Jalur SNMPTN di Wilayah Bojonegoro-Tuban

SMA Negeri 1 Tuban Meluluskan Siswa Terbanyak Jalur SNMPTN di Wilayah Bojonegoro-Tuban

 Jadwal pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada Senin, 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB telah ditunggu-tunggu siswa SMA/MA kelas XII se-Indonesia. SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi menggunakan nilai raport akademik dan keaktifan siswa mengikuti lomba akademis dan non akademis.  Prestasi akademis berdasarkan nilai rapor siswa selama semester 1-5 dan keaktifan siswa mengikuti lomba dibuktikan dengan piagam perhargaan yang siswa miliki.

Pendaftaran program SNMPTN telah dibuka pada 15-24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Program SNMPTN diikuti oleh siswa kelas XII program MIPA dan IPS dengan seleksi pemeringkatan siswa dilihat dari perhitungan nilai enam mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan seperti jurusan MIPA (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi), jurusan IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, geografi, ekonomi, sosiologi) serta piagam penghargaan baik akademik dan non akademik. Siswa yang mengikuti SNMPTN dalam pemilihan jurusan dan perguruan tinggi dibantu oleh Guru Bimbingan Konseling, tim kurikulum, serta wali kelas. Ada empat metode yang digunakan yaitu: simulasi, pemetaan, batas kesadaran, dan rasional.

SMA Negeri 1 Tuban dikenal sebagai sekolah unggulan di Kabupaten Tuban. Setiap tahunnya siswa SMA Negeri 1 Tuban berhasil meraih prestasi sehingga dapat mempertahankan predikat sekolah unggulan di Kabupaten Tuban. Tahun ini, sekolah unggulan tersebut memperoleh peringkat pertama di wilayah Bojonegoro Tuban dalam meluluskan siswa terbanyak di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Kuota yang dapat mengikuti SNMPTN di SMA Negeri 1 Tuban sebesar 40% dari jumlah siswa kelas XII.

Sebanyak 163 dari 405 siswa kelas XII yang dapat mengikuti SNMPTN, terdiri dari 122 siswa jurusan MIPA dan 41 jurusan IPS. Ada 76 siswa yang lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Siswa yang lolos SNMPTN tersebut terbagi di beberapa kampus negeri dan politeknik negeri, ada 14 siswa yang diterima di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), 30 siswa di Universitas Brawijaya (UB), 4 siswa di Universitas Negeri Malang (UM), 2 siswa di Universitas Gadjah Mada (UGM), 11 siswa di Universitas Airlangga (UNAIR), 4 siswa di Universitas Negeri Jember (UNEJ), 5 siswa di Universtas Negeri Surabaya (UNESA), 4 siswa di Universitas Sebelas Maret (UNS), 1 siswa di PPKB UI, dan 1 siswa di PPNS.

Suatu kebanggaan bagi SMA Negeri 1 Tuban dengan keberhasilan yang diraih oleh siswa kelas XII. Keberhasilan ini diperoleh dengan adanya kerjasama yang baik antara guru dan siswa. Aga Setiawan, S. Pd selaku Guru Bimbingan Konseling mengatakan bagi siswa yang ingin mengikuti SNMPTN harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan nilai akademik terutama di enam mata pelajaran wajib, mengikuti beberapa lomba akademik maupun non akademik, serta memotivasi diri sendiri untuk lebih giat belajar dan terus berdoa.

Kami ucapkan selamat untuk siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tuban yang telah diterima di perguruan tinggi negeri jalur SNMPTN. Semangat berjuang bagi siswa yang akan mengikuti jalur SBMPTN atau seleksi mandiri serta jalur penerimaan lainnya dalam mendapatkan perguruan tinggi. Jangan pantang menyerah, kesuksesan itu datang dari usahamu, dukungan orang lain, dan doa. (ais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengumuman PPDB Tahap 1 2021

Kam Mei 6 , 2021
Post Views: 239