Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

SMA Negeri 1 Tuban mengadakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau yang lebih dikenal dengan istilah Ujian Berbasis Komputer. Ujian Kenaikan Kelas ini dilaksanakan selama delapan hari mulai Senin, 24 Mei 2021 hingga Jumat, 4 Juni 2021 di sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebanyak 718 peserta didik mengikuti PAT secara luring yang terbagi ke dalam 21 ruang. Adapun dalam pengelolaannya, PAT kali ini sedikit berbeda sesuai tindak lanjut pada peraturan pelaksanaan ujian dalam situasi pandemi.

PAT dilaksanakan dengan melalui dua sesi ujian. Sesi pertama diberlakukan untuk kelas XI pada pukul 06.45-10.15 WIB, sementara sesi kedua diberlakukan untuk kelas X pada pukul 11.00-14.45 WIB dengan menggunakan software yang telah dimiliki oleh Pusat Komputer dan Informasi (Puskomdik) SMA Negeri 1 Tuban.

Dalam proses pengerjaannya, peserta didik menggunakan laptop masing-masing ataupun dapat menggunakan smartphone. Namun, jika ada peserta didik yang mengalami trouble dengan laptop dan tidak nyaman menggunakan smartphonenya maka sekolah menyediakan fasilitas Laboratorium Komputer sebagai ruang solusi untuk membantu meyelesaikan masalah peserta didik tersebut.

Diadakannya PAT dengan CBT ini secara tidak langsung melatih kejujuran peserta didik, karena kejujuran merupakan hal terpenting dalam sebuah pembelajaran bermakna. Hal tersebut pun sesuai dengan Misi SMAN 1 Tuban yaitu mewujudkan generasi berkepribadian Pancasila, berakhlak mulia, cerdas dan berbudaya lingkungan agar mampu bersaing secara global. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Siswa SMANSA Wakili Indonesia Ukir Prestasi di Olimpiade Informatika Asia-Pasifik

Jum Mei 28 , 2021
KOMPAS.com – Siswa Indonesia berhasil menunjukkan kemampuan mereka di ajang Olimpiade Informatika Asia-Pasifik atau Asia Pacific Informatics Olympiad (APIO) yang berlangsung secara daring tanggal 21-26 Mei 2021. Tahun ini APIO diikuti oleh 920 siswa dari 34 negara, di antaranya Australia, China, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Kazakhstan, Korea, Makao, Malaysia, Mongolia, […]