Hari Pertama Pelaksanaan ANBK se-Tuban Berjalan Tanpa Kendala

Hari Pertama Pelaksanaan ANBK se-Tuban Berjalan Tanpa Kendala

Pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) jenjang SMA dimulai kemarin (27/9). Berbeda dengan ANBK SMK yang sempat delay 30 menit, tes di SMA kemarin tanpa kendala. ANBK hari pertama yang menguji pengetahuan literasi itu dimulai pukul 07.30.

Sejumlah sekolah yang tidak memiliki sarana prasarana yang memadai mengikuti ANBK numpang ke sekolah lain. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Tuban Suparlin mengatakan, hari pertama ANBK tanpa kendala. Semua pelaksanaan berjalan lancar.

Di sekolahnya, SMAN 1 Tuban, hari pertama ANBK diikuti 30 siswa. ANBK hari kedua dilaksanaan Selasa (28/9) hari ini akan menguji kemampuan numerik. ‘’Persiapan laboratorium dan jaringan sudah maksimal, jadi lancar tanpa kendala,’’ ujarnya.

Di SMAN 1 Tuban, ANBK juga diikuti siswa dari SMA PGRI 1 Tuban. Para siswa dari sekolah swasta tersebut numpang hingga hari terakhir ANBK. Lebih lanjut Suparlin menyampaikan, ANBK bukan ujian untuk penentu kelulusan.

Hanya dibutuhkan untuk pemetaan kualitas pendidikan. Setiap sekolah hanya diikuti 30 perwakilan siswa yang dipilih secara acak oleh sistem Kementerian Pendidikan, Kebudayaa, Riset, dan Teknologi.

‘’Siswa yang mengikuti ujian bukan pilihan sekolah,’’ tegasnya. Mantan kepala SMAN 2 Tuban ini menyampaikan, ANBK adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan, mulai SD, SMP, dan SMA.

Evaluasi tersebut menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. ‘’Nantinya dari hasil ANBK akan muncul penilaian seberapa tingkat kualitas lembaga pendidikan tersebut, bukan penentu lulus atau tidaknya siswa,’’ ujarnya.

Mantan kepala SMAN 4 Tuban ini mengemukakan, sekarang ini penentuan kelulusan siswa SMA murni atas kebijakan sekolah. Bukan lagi ditentukan ujian yang diselenggarakan pemerintah. Dengan ketentuan tersebut pihak sekolah akan menilai siswa dari beberapa aspek penilaian. Tidak hanya akademis, namun juga aspek non akademis. ‘’Selama tidak terlibat tindak kriminal dan selalu berkelakuan baik, siswa pasti lulus,’’ tegasnya.

https://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2021/09/28/292437/hari-pertama-pelaksanaan-anbk-se-tuban-berjalan-tanpa-kendala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

SMANSA Tuban, Innovation on Virtual Celebration to be Memorable

Sel Okt 5 , 2021
60 TAHUN SMANSA TUBAN SMANSA Tuban, Innovation on Virtual Celebration to be Memorable Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-60 SMAN 1 Tuban tahun ini diperingati sangat sederhana, namun penuh makna. Sebelum pandemi Covid-19, sekolah unggulan di Bumi Wali ini rutin mengundang artis ibu kota sebagai bintang tamu pada puncak acara. […]