Generasi Emas SMANSA menjadi DUTA Tari Tahun 2021 Se-Kabupaten Tuban

Masa pandemi tidak membuat siswa SMA Negeri 1 Tuban berhenti meraih prestasi. Tidak hanya meraih prestasi di bidang akademis tetapi juga di bidang non akademis. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DISPORA) mengadakan audisi/pemilihan penari daerah se-kabupaten Tuban tahun 2021 yang diselenggarakan di Objek Wisata Goa Akbar. Audisi tersebut dilaksanakan 27-28 Mei 2021 diikuti 83 peserta dari berbagai daerah di Tuban. Pemilihan dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori A (usia 13-16 tahun) dan kategori B (usia 18-25) tahun. Kriteria penilaian berdasarkan kualitas menari, wawasan seni budaya, dan kebangsaan.

Ada 10 penari atau duta tari yang akan terpilih dari setiap kategori. Empat siswa SMA Negeri 1 Tuban terpilih menjadi duta tari Tuban 2021. Kandita Dewi Marawis/ XI MIPA 5 dan Dewanti Ayu Sekar/ X MIPA 6 menjadi duta tari Tuban kategori A jenjang usia 13-16 Tahun. Nur Intan Valentiani/ XII MIPA 8 dan Muhammad Rafy Wibawanto/ XII MIPA 3 menjadi duta tari Tuban kategori B jenjang usia 17-25 Tahun. Tari yang mereka bawakan adalah tari kreasi baru diangkat dari kesenian tradisional sandur. Pada masa pandemi seperti ini, mereka melakukan persiapan dengan mencari materi tari sendiri dan dikonsultasikan kepada pembina tari Smansa ibu Pramita Maya P, S.Pd.. Latihan dengan pembina tidak sering seperti biasanya hanya satu sampai dua kali, tetapi  menurut pembina tari Smansa “tarian mereka sudah bagus hanya perlu sedikit koreksi” tutur Pramita Maya ketika diwawancara.

Berdasarkan kriteria penilaian, mereka tidak hanya berlatih tari tetapi juga belajar mengenai wawasan seni tari di Kabupaten Tuban. Saat perlombaan, mereka melakukan tarian dengan waktu hanya satu menit dikarenakan setelah juri melihat tarian mereka merasa sudah cukup mengetahui kemampuan tari yang dimiliki. Pada perlombaan kategori B, Valentiani dan Rafy saat sesi pertanyaan mereka diminta untuk menembang. Mereka berdua memang memiliki keunggulan diolah vokal sehingga mendapatkan nilai tambah dalam penilaian duta tari 2021.

Prestasi tersebut membuktikan bahwa siswa SMA Negeri 1 Tuban memiliki potensi meraih prestasi tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga bidang non akademik. Sesuai dengan misi SMA Negeri 1 Tuban mengembangkan multikecerdasan sesuai dengan potensi siswa. Pesan dari ibu Pramita Maya P, S.Pd selaku pembina tari Smansa “ selalu dan selalu melestarikan kebudayaan daerah Tuban terutama seni tari dan tidak lelah untuk terus berlatih,” ungkap beliau. Seluruh keluarga SMA Negeri 1 Tuban mengucapkan selamat kepada generasi emas Smansa yang terpilih menjadi Duta Tari Tuban 2021, semoga kalian terus meraih prestasi diajang festival berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lapor Diri Jalur Prestasi Rapor dan Zonasi

Sen Jun 7 , 2021
Dimohon Kehadirannya Siswa Baru di Terima Jalur Prestasi Rapor dan Zonasi pada: 🗓️ Tanggal:09 s.d 10  Juni 2021 ⏱️ Waktu sesuai SESI 🔮Acara: Silaturrahmi Orang Tua Siswa diterima Jalur Prestasi Rapor dan Zonasi 🏡 Ketentuan: 1. Mentaati Protokol Kesehatan 2. Berseragam sekolah Asal 💡Tempat: 1. Orang tua Siswa (di Aula) […]